Selasa, 12 Juli 2011

Informasi Berdasarkan Sasaran


Informasi berdasarkan sasaran adalah informasi yang ditujukan kepada seseorang atau sekelompok orang, baik yang terdapat di dalam organisasi maupun di luar organisasi.

a.        Informasi individual
Informasi individual (individual information) ialah informasi yang ditujukan kepada sesorang yang mempunyai fungsi sebagai pembuat kebijaksanaan ( policy maker) dan pengambil keputusan (decision maker), atau kepada sesorang yang diharapkan dari padanya tanggapan atas informasi yang diperolehnya. Informasi jenis ini disampaikan secara tatap muka (face-to-face), melalui telpon atau dengan perantara surat, tergantung dari macam informasi yang disampaikan dan tergantung dari waktu yang diperlukan untuk memperoleh tanggapan.

b.        Informasi komunitas
Yang dimaksud informasi komunitas (community information) adalah informasi yang ditujukan kepada khalayak diluar organisasi, suatu kelompok tertentu dimasyarakat. Informasi komunitas yang disampaikan pabrik rokok hanya ditujukan kepada sekelompok ornag yang suka merokok. Informasi komunitas yang disebarkan PLN mengenai kenaikan tarif listrik ditujukan hanya kepada para pelanggannya. Demikian pula informasi tentang pemulihan iuran televisi, tidak seluruh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar