Selasa, 12 Juli 2011

BAB III Analisa Sistem


3.1   Tinjauan  Organisasi

            3.1.1  Sejarah Organisasi
Yayasan Prof. DR. Zakiah Daradjat sebelumnya bernama Yayasan Pendidikan Islam Ruhama. Kata ”Ruhama” diambil dari ayat suci Al Qur’an Surat Al-Fath ayat 29 yang potongan ayatnya berbunyi ....ruhama’u baynahum....yang mempunyai makna kasih sayang diantara mereka, Seluruh jenjang pendidikan yang berada di bawah naungan yayasan ini mulai Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Kejuruan  diberi nama ”Ruhama” . Kemudian dengan pertimbangan untuk mengabadikan nama pendiri dan sekaligus pewakaf yaitu Ibu Prof. DR. Hj. Zakiah Daradjat, MA. maka pada tanggal 8 Pebruari 2006 dengan akta notaris Ny. Yetty Taher Nomor 06 Tahun 2006 nama yayasan diubah menjadi Yayasan Prof. DR. Zakiah Daradjat, sedangkan nama sekolah-sekolah yang berada di bawah naungannya tetap masih menggunakan nama Ruhama. SMK Islam Ruhama  berdiri pada tahun 1999 di bawah naungan Yayasan Prof. DR. Zakiah Daradjat (yayasan ini sebelumnya bernama Yayasan Pendidikan Islam Ruhama) yang diketuai langsung oleh Ibu Hj. Prof. DR. Zakiah Daradjat, MA. Guru Besar Universitas Islam Negeri Jakarta.
Pertimbangan dibukanya SMK Islam Ruhama oleh Ibu Prof. DR. Hj. Zakiah Daradjat, MA. adalah untuk memberikan pelayanan bidang pendidikan kepada masyarakat sekitar dengan biaya yang terjangkau di semua lapisan masyarakat. Disamping itu dengan didirikannya SMK Islam Ruhama diharapkan para lulusan SMP Islam Ruhama yang telah berdiri lebih dahulu dapat melanjutkan pendidikan yang selaras pada  jenjang yang lebih tinggi.
SMK Islam Ruhama sejak berdiri pada tahun pada tahun 1999  dipimpin oleh Bapak H. Mudjitaba Muchdar, BA. sebagai kepala sekolah, beliau adalah seorang tokoh masyarakat Cireundeu yang sangat peduli dengan dunia pendidikan khususnya pendidikan yang religius. Namun pada tahun 2005 tepatnya pada bulan Juli 2005 menjelang tahun pelajaran 2005/2006 beliau mengundurkan diri karena faktor kesehatannya yang menurun, dan kepemimpinan SMK Islam Ruhama dilanjutkan oleh Sdr. Irwan Taka, SE. hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar