Kamis, 19 Mei 2011

Latar Belakang


Di era globalisasi ini perkembangan teknologi sudah semakin cepat dan maju, salah satunya adalah teknologi komputer. Bahkan komputer pada masa sekarang ini bukan hal yang asing lagi, pada saat ini hampir di segala bidang membutuhkan komputer sebagai alat bantu untuk mempermudah pekerjaan.
Sistem komputerisasi untuk memproses pengolahan data sangatlah diperlukan karena untuk menyusun prosedur kerja yang sistematis dan membantu mengefisiensikan tenaga kerja, nantinya di harapkan komputerisasi akan memberikan keamanan terhadap data. Sistem ini pada akhirnya dapat memberikan potensi kerja yang sangat baik, cepat, akurat, efisien, karena didukung dengan pemberdayaan sistem yang handal, maka dengan demikian memberikan peluang atau kesempatan untuk pengembangan sistem selanjutnya.
Sistem perpustakaan pada SMK Islam Ruhama saat ini  belum efisien dan efektif dalam pengelolaannya. Dalam pengelolaan perpustakaan dengan jumlah 243 siswa dan ada kemungkinan jumlah anggota semakin bertambah seiring adanya keinginan lembaga untuk membuka jurusan atau kelas baru hingga saat ini pengelolaannya masih menggunakan sistem manual (hanya melakukan pencatatan data menggunakan buku catatan) yang dapat memberikan dampak negatif  kepada kinerja lembaga. Sehingga terjadinya data yang hilang, data yang tidak akurat, data yang tidak terkontrol, buku yang tidak kembali , proses pencarian buku yang lambat, proses peminjaman buku yang tidak akurat karena buku yang dipinjam belum kembali tetapi diperbolehkannya meminjam buku dalam jangka waktu yang lama tanpa di kenakan denda sehingga dapat merugikan lembaga dan  laporan perpustakaan yang tidak tepat waktu. 
Melihat kondisi tersebut maka penulis merasa perlu untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut, dan penulis akan mengangkat masalah tersebut menjadi Tugas Akhir (TA) yang memberi judul “ PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMK ISLAM RUHAMA CIPUTAT DENGAN MENGGUNAKAN DELPHI DAN MYSQL “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar